Monday, May 21, 2018

Efect yang Terjadi Jika Berlebihan Minum Air Bagi Tubuh

Air menjadi solusi untuk menjaga kesehatan bagi tubuh, karena tubuh kita sebagian besar tersusun oleh banyak Air. Rata-rata kebanyakan orang memiliki 60% air dari berat tubuhnya. Tubuh memerlukan air untuk menggantikan cairan tubuh yang berkurang saat kita beraktifitas. Sebagian hilang saat kita beraktivitas dalam bentuk keringat, Air  seni, atau juga air mata , semua sistem didalam tubuh juga tergantung oleh Air. Air juga berfungsi untuk membilas racun dari oragan-organ penting tentunya dengan pengolahan air bersih, karena membawa nutrisi ke sel tubuh, dan menjaga kelembapan bagi jaringan. Air berfungsi membantu kerja sel-sel organ, dan jaringan dalam tubuh.

Benarkah minum air yang berlebihan berbahaya bagi tubuh?

Meski air diperlukan, namun hati-hati saat mengkonsumsi air, karena bila kebanyakan akan memberikan efek tidak baik untuk tubuh. Di antaranya akan merusak ginjal dan bahkan dampak
paling fatal seperti kematian. Laporan Exercise Associated Hyponatraemia (EAH) mencatat ada sekitar 1600 kasus meninggal di seluruh dunia akibat minum air yang berlebihan.


Akibat Jika Berlebihan Minum Air Putih

1. Merusak Komposisi Darah
Darah memiliki plasma darah dengan kadar kekentalan darah secara fisiologis dalam tubuh yang terukur Bila banyak minum maka dikwatirkanakan mengganggu kadar kekentalan darah. Secara lebih luas akan mengganggu sistem peredaran darah dalam tubuh kita.

2. Meningkatkan Jumlah Volume Darah
Apabila volume darah meningkat maka akan mengganggu kinerja jantung dan sistem pembuluh darah kita sistem tertutup). Volume air yang meningkat akan seiring dengan meningkatnya tekanan pada sistem pembuluh darah yang tertutup itu.

3. Meningkatkan Kinerja Ginjal dari Yang Seharusnya
Tubuh memiliki ginjalyang berfungsi menyaring setiap cairan yang masuk kedalam tubuh. Fungsi ginjal sebagai organ penyaring ini ada pada glomerulus. Bila banyak cairan yang harus disaring, maka beban yang diterima ginjal akan semakin besar. Bila hal ini terlalu sering maka glomerulus bisa rusak yang menyebabkan berbagai penyakit ginjal.

4. Tubuh Mengalami Hiponatraemia
Hiponatraemia merupakan kondisi abnormal dalam tubuh, di mana darah kadar natrium (kadar garam). Ginjal tak mampu memfilternya dengan cepat. Natrium adalah mineral elektrolit yang membantu mengatur jumlah kadar air di dalam dan di sekitar sel-sel tubuh. Bila terlalu banyak minum air, akan menyebabkan natrium dalam tubuh menjadi encer .

5. Pembengkakan Sel
Pembengkakan sel ini karena peningkatan kadar dalam tubuh bisa memicu masalah. Bila ini terjadi pada sel-sel otak maka akan bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Kekurangan natrium atau kondisi hiponatraemia minimal dapat menyebabkan mudah mengantuk.

6. Kasus Keracunan Air (Intoksikasi Air)
Dikenal juga dengan hiper-hidrasi atau overhydration, merupakan gangguan potensial dalam fungsi otak yang terjadi ketika keseimbangan elektrolit terganggu karena mengonsumsi air terlalu berlebihan.

Baca artikel terkait : perusahaan water treatment

No comments:

Post a Comment